Wednesday, March 7, 2018

TERUMBU KARANG STAGHORN

TERUMBU KARANG STAGHORN
(Acropora cervicornis)


Sore ini penulis akan membuat artikel tentang terumbu karang, kalian sudah banyak mengetahui terumbu karang seperti apa, untuk itu penulis ingin mengingatkan kembali bahwa terumbu karang di dunia sangat indah dan perlu di jaga oleh kita supaya tidak mengalami kerusakan. Salah satu terumbu karang tersebut ialah jenis Staghorn (Acropora cervicornis) jenis ini sering di lihat apabila kita melakukan snorkling atau diving.

Acropora cervicornis

Terumbu karang ini hidup di kedalaman 0-30 meter, jadi jika kalian mau melihat terumbu karang ini sangat mudah tidak perlu sampai menyelam sampai kedasar laut. Terumbu karang Staghorn (Acropora cervicornis) merupakan terumbu karang yang sangat penting bagi pertumbuhan terumbu karang dan kelangsungan ekosistem yang ada di laut. 

Acropora cervicornis

Tampak ikan berlalu lalang di sekitar terumbu karang

Acropora cervicornis

Staghorn (Acropora cervicornis) mempunyai reproduksi aseksual jenis reproduksi dimana keturunan timbul dari satu organisme tunggal, dan mewarisi gen induk itu saja hal ini tidak melibatkan penggabungan gamet , dan hampir tidak pernah mengubah jumlah kromosom. Bentuk reproduksi utama aseksual ini adalah organisme bersel tunggal seperti Archaea dan bakteri. 

Seperti gambar ini proses aseksual Acropora cervicornis
Proses penanaman kembali terumbu karang Acropora cervicornis

Pada tahun 1980 terumbu karang ini mengalami penyakit yang bernama white band dan angin topan, peningkatan penyakit ini menjadi sangat cepat akibat bencana alam tersebut. Penyakit white band adalah penyakit karang yang mempengaruhi karang acroporid dan dapat dibedakan oleh jaringan putih jaringan karang mati yang terbentuk, White Band ini mengembangkan cabang karang dengan perkiraan tingkat 5 milimeter per hari, menyebabkan hilangnya jaringan karena cara kerjanya menuju ujung cabang dan karang tersebut akan mati. 

Penyakit white band Acropora cervicornis

Tampak penyakit ini menyebar dengan cepat kecabang Acropora cervicornis

Penyakit white band yang menyerang Acropora cervicornis
Sekian penjelasan mengenai terumbu karang Staghorn (Acropora cervicornis) semoga kalian jadi tau jenis-jenis terumbu karang dan dapat menjaga akar tetap hidup berguna menjaga ekosistem yang ada di laut.

1 comments: