Wednesday, March 28, 2018

IKAN INJEL

IKAN INJEL
(Pomacanthidae)


Malam ini penulis akan mendeskripsikan tentang ikan injel, mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui ikan jenis ini, bahkan penulis sendiri baru tahu ikan ini ada. Ikan ini sangat unik karena hampir memilik kemiripan dengan ikan kepe-kepe yang sebelumnya di bahas oleh penulis. langsung saja penulis menjelaskan di paragraf berikutnya.

Ikan Injel(Pomacanthidae)

Ikan Injel(Pomacanthidae) merupakan ikan yang hampir sama dengan kepe kepe, selain memiliki warna tubuh yang hampir sama, ikan injel juga hidup diantara terumbu karang. Ikan injel dan ikan kepe-kepe sebenarnya berbeda karena ikan injel memiliki duri Preoperkulum (bagian dari tutup insang).

Ikan Injel(Pomacanthidae)

Ikan Injel(Pomacanthidae)

Jika kalian melihat baik-baik Ikan Injel(Pomacanthidae) memilki perpanjangan mirip bendera dari sirip punggung dan sirip anus yang lembut, ikan ini memiliki mulut yang kecil dan sirip ekor yang menyerupai bulan sabit. Dari semua spesies ikan injel terbesar adalah injel kelabu, Pomacanthus arcuatus, dapat mencapai panjang 60 cm, sementara itu, anggota genus Centropyge tidak melebihi panjang 15 cm. Untuk ukuran ikan injel lainnya rata-rata panjangnya 20 sampai 30 cm.

Ikan Injel(Pomacanthidae)

Ikan Injel(Pomacanthidae) tidak takut akan kehadiran para penyelam yang menghampirinya untuk berfoto, oleh karena itu para penyelam senang apabila bertemu ikan ini untuk di foto sebagai dokumentasi. Tetapi  ikan ini termasuk ikan yang bersembunyi di celah celah karang untuk melindungi dari serangan predator yang akan mau memangsa.

Ikan Injel(Pomacanthidae)

Sekian dari artikel tentang Ikan Injel(Pomacanthidae), semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya, Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment