Tuesday, March 27, 2018

IKAN PARI MANTA

IKAN PARI MANTA
(Manta birostris)


Malam ini penulis akan mendeskripsikan tentang ikan pari manta (Manta birostris) pasti diantara kalian tidak asing mendengar ikan pari satu ini bahkan anak kecil pun menyukai ikan pari jenis ini. Banyak sutradara film animasi memasukan ikan pari manta sebagai tokoh yang menggemaskan seperti di film animasi Finding Nemo sebagai guru yang membimbing murid-muridnya di dasar laut. Banyak sekali keunikan yang berada di ikan ini, maka dari itu penulis akan mendekripsikan lebih jelas di paragraf berikutnya.

Ikan pari manta (Manta birostris)

Ikan pari manta (Manta birostris) merupakan jenis ikan pari terbesar di banding jenis ikan pari lainnya, mengapa ikan ini disebut ikan pari terbesar karena ikan pari manta mempunyai panjang sirip sampai 7 meter dan memiliki berat tubuh 3 ton. Perlu kalian tahu ikan ini termasuk ikan yang terancam punah juga, karena faktor alam dan kebanyakan faktor manusia.

Ikan pari manta (Manta birostris) 

Ikan pari manta (Manta birostris) berenang di antara terumbu karang

Asal mula ikan ini dinamakan ikan pari manta karena manta sendiri dalam bahasa Spanyol adalah selimut dimana ikan ini di temukan di daerah Spanyol. Ada 2 macam jenis ikan pari manta (Manta birostris) yaitu pari manta yang besar dan kecil, biasanya ikan manta yang berukuran kecil menetap pada suatu wilayah, tetapi berbeda dengan pari manta yang berukuran besar yang sering berpeluangan di laut lepas.

Ikan pari manta (Manta birostris) berenang di dasar laut

Ikan pari manta (Manta birostris) seperti menari di dalam air

Jika kalian perhatikan baik-baik banyak sekali penyelam yang sangat menyukai berenang dengan ikan pari manta (Manta birostris) bahkan ada yang rela berpergian jauh hanya untuk berenang dengan ikan ini, mengapa ikan pari manta banyak di sukai olah penyelam? karena ikan ini bersahabat dengan para penyelam dan berenang dengan cantik di bawah laut seperti burung yang berada di angkasa.

Penyelam tidak takut akan kedatangan Ikan pari manta (Manta birostris)

Ikan pari manta (Manta birostris) memangsa ikan plankton yang berada di air dengan cara membuka mulutnya yang lebar supaya plankton dapat masuk, untuk reproduksinya sendiri ikan jenis ini akan berkumpul dan mencari pasangan kawinnya, pejantan akan menarik perhatian lawan jenis dengan bersaing dengan pejantan lainnya untuk mendapatkan betina yang di inginkan.
Ikan pari manta (Manta birostris) sedang memangsa plankton dengan membuka mulutnya yang lebar

Bila kalian lihat baik pada ikan pari manta sering sekali kita melihat ikan yang selalu bersama ikan pari manta, ikan tersebut adalah ikan remora, ikan remora sendiri sangat di untungkan dengan menempel di tubuh ikan pari manta, sebab terhindar dari mangsa dan mendapatkan makanan gratis berupa parasit yang di tubuh manta, dan manta sendiri juga di untungkan karena parasit yang di tubuhnya hilang di makan ikan remora.

Ikan remora yang berada di tubuh Ikan pari manta (Manta birostris) 

Ikan remora yang berada di tubuh Ikan pari manta (Manta birostris) 

Sekian dari artikel tentang ikan manta malam ini semoga bermanfaat bagi kalian semua, Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment