Wednesday, March 14, 2018

LOBOPHYLLIA HEMPRICHII

TERUMBU KARANG OTAK

(Lobophyllia Hemprichii)



Sore hari ini penulis akan membuat artikel tentang Terumbu karang otak (Lobophyllia Hemprichii), sebagian orang pasti sudah mengetahui jenis terumbu karang satu ini, tetapi tidak usah khawatir bagi yang belum mengetahui terumbu karang jenis ini penulis akan memberi informasinya. Bagi kalian yang ingin melihat terumbu karang ini sangat mudah untuk di jangkau karena terumbu karang ini hidup di kedalaman 9-15 m.

Terumbu karang otak (Lobophyllia Hemprichii)


Terumbu karang ini merupakan satu spesies dari karang polip berbatu besar dikeluarga Lobophylliidae. Lobophylliidae di bentuk dari spesies indo pasifik yang secara tradisional dimasukkan ke dalam Mussidae, dan beberapa spesies yang sebelumnya telah membentuk Pectiniidae, spesies yang tersisa dari Pectiniidae telah digabungkan menjadi Merulinidae. Kebanyakan orang menyebut terumbu karang ini dengan sebutan terumbu karang otak, yang dimana terumbu karang ini mempunyai bentuk yang unik yaitu seperti otak manusia, itulah sebabnya orang sering menyebutnya terumbu karang otak.
Terumbu karang otak (Lobophyllia Hemprichii) seperti otak manusia

Terumbu karang otak (Lobophyllia Hemprichii) seperti otak manusia

Terumbu karang otak (Lobophyllia Hemprichii) berasal dari indo pasifik, mereka mempunyai perkembang biakan dengan cara zooxanthellate. zooxanthellate atau di sebut Symbiodinium ialah dari sel yang tumbuh di media kultur. Untuk isolat yang berada dalam pertumbuhan fase log, tingkat pembagian terjadi setiap 1-3 hari, dengan sel Symbiodinium bergantian antara morfin spherical, coccoid, dan tahap mastigot motil yang lebih kecil.


zooxanthellate atau Symbiodinium

Proses perkembang biakan symbiodinium

Terumbu Karang (Lobophyllia hemprichii) adalah spesies karang kolonial yang dimana mereka membentuk gundukan hemispherical atau pipih hingga 5 m (16 kaki) dengan diameter. Beberapa koloni yang berdekatan, terkadang dengan warna yang berbeda, bisa tumbuh bersama untuk membentuk koloni komposit yang menjadi besar, itulah mengapa terumbu karang jenis ini termasuk terumbu karang jenis terbesar. Terumbu karang jenis ini termasuk terumbu karang yang rentan terhadap penyakit pemutihan dan kenaikan suhu laut begitu pula dengan pengasaman air laut.


Terumbu Karang (Lobophyllia hemprichii) yang sehat

Terumbu Karang (Lobophyllia hemprichii) yang terkena penyakit putih di sebalah kanan tetapi masih hidup

Sekian dari artikel dari penulis, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca, Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment