Saturday, March 3, 2018

IKAN COELACANTH

IKAN COELACANTH
(Latimeria menadoensis)



Sebelumnya terima kasih banyak telah mengikuti blog saya, kali ini kita membahas tentang ikan yang hidup di bawah laut dalam dan sangat terancam punah. Banyak sekali yang belum kita ketahui tentang lautan yang begitu luas di dunia ini, menurut penelitian 2/3 kehidupan laut masih belum kita ketahui. Seiring jalannya waktu banyak spesies ikan baru yang di temukan, bahkan ada yang tubuhnya berbentuk aneh. Kebanyakan orang yang berlomba-lomba pergi ke bulan tetapi perlu kalian tahu baru 3 orang saja yang menyelami palung mariana. Palung mariana sendiri ialah palung yang terdalam di dunia dengan kedalaman 10.911 meter, tentu saja ini lebih besar di banding dengan ketinggian gunung everst yang hanya 8.850 meter. Walaupun ikan yang penulis tulis ini tidak sampai di dasar palung melainkan hanya 180 meter saja.




Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis)



Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis) ini dahulunya sudah di nyatakan punah sejak akhir masa Cretaceous. Cretaceous adalah zaman kapur yang terjadi sekitar tahun 145.5 ± 4.0 hingga 65.5 ± 0.3 juta tahun yang lalu. 


Fosil zaman Kapur



Gambar di atas ini merupakan contoh fosil yang terjadi di zaman kapur, dan menurut penelitian Ikan Coelacanth telah punah di zaman itu. Tetapi ikan ini bisa hidup sampai sekarang walaupun ikan tersebut di ambang kepunahan.




Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis) sampai saat ini ada 2 spesies yang masih hidup yaitu Coelacanth Komoro (Latimeria Chalumnae) dan ini di temukan di Indonesia tepatnya di Sulawesi Utara (Manado) (Latimeria menadoensis). Kita harus berbangga karena ikan Coelacanth yang hampir punah ini di temukan di laut Indonesia, dan di Sulawesi Utara sendiri ikan ini di juluki ikan raja laut, karena itu sebutan para nelayan yang membeli hasil tangkapan. 

Ikan Coelacanth (sampah di perutnya)

Namun diatas itu ada yang membuat penulis merasa sakit hati karena ikan ini memakan sampah makanan ringan, coba kalian liat gambar di samping, masih banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Apabila kita peduli dengan kehidupan biota laut dengan tidak membuang sampah sembarang, menangkap ikan dengan bom kimia dan mengambil jumlah ikan dengan berlebihan saya yakin bukan hanya ikan ini saja yang kita temukan, ikan lainnya pun akan senang hidup di lautan indonesia ini.





Ikan Coelacanth Komoro (Latimeria Chalumnae) ikan ini hidup di benua Samudra Hindia Barat atau lebih di sebut ikan Coelacanth ini dari Afrika. Ikan ini pertama kali di temukan pada tahun 23 Desember 1938, oleh Hendrik Goosen, kapten kapal pukat Nerine, kembali merapat ke pelabuhan di East London, Afrika Selatan. Sesuai dengan namanya ikan ini di temukan di Komoro sama halnya dengan Ikan Coelacanth yang di temukan di manado di namai sesuai dengan daerah di temukan.




Ikan Coelacanth Komoro (Latimeria Chalumnae)

Ikan Coelacanth Komoro (Latimeria Chalumnae) ditangkap pada 18 Oktober 1974, dekat Salimani/Selimani (Grand Komoro, Kepulauan Komoro) dan ikan ini sekarang di museumkan Naturhistorisches Museum, Wina dengan berat 60kg dan panjang 170cm).


Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis) ialah ikan purba yang di temukan di daerah Manado (Sulawesi Utara). Ikan ini ditemukan pada kedalaman 180 m dengan suhu 18 drajat celcius. Di temukan Pada tanggal 18 September 1997, Arnaz dan Mark Erdmann, saat mereka berwisata ke Indonesia untuk bulan madu, awalnya mereka mengira ikan itu Coelacanth Komoro tetapi saat iya memposting ke internet ia menyadari bahwa telah menemukan ikan Coelacanth spesies ke 2. Pada 30 Juli 1998 ikan ini berhasil di tangkap hidup- hidup dan Mark Erdmann sempat mendokumentasi kan foto tentang bagaimana tingkah laku ikan ini. Di Indonesia, spesimen coelacanth Indonesia awetan kering disimpan dalam peti kaca dan dipamerkan di Seaworld Indonesia, Jakarta. Sedangkan di Indonesia, setidaknya ada dua awetan basah coelacanth Indonesia, yakni yang disimpan di Museum Biologi LIPI di Cibinong dan di Manado.



Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis)

Gambar di atas ini Spesimen Latimeria menadoensis, yang di museumkan di Tokyo Sea Life Park (Kasai Rinkai Suizokuen), Jepang.


Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis)

Gambar di atas ini merupakan gambar Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis) yang berada di seaword Ancol, Jakarta. 



Terima Kasih atas perhatian dari kalian semua, mohon maaf apabila saya mempunyai banyak kekurangan, kritik dan saran bisa di isi di kolom komentar di bawah.

0 comments:

Post a Comment