Thursday, March 1, 2018

IKAN CAKALANG

IKAN CAKALANG
(Katsuwonus Pelamis)

Siapa yang tidak tau ikan yang satu ini yang punya banyak manfaat bagi tubuh kita bukan hanya banyak manfaat bagi tubuh kita, melainkan ikan ini bisa membuat orang bisa membuka lapangan pekerjaan, karena ikan cakalang ini udah bisa di budi daya kan sendiri. 


Katsuwonus pelamis



Ikan cakalang sendiri mempunyai nama latin yaitu (Katsuwonus pelamis) ikan ini bisa mencapai panjang 1m dan berat 18 kg, tetapi sebagian orang sering keliru ikan ini dengan ikan tuna maupun tongkol, ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) masih satu keluarga dengan ikan tuna, dari warna tubuhnya ikan cangkalang ini sendiri memiliki tubuh yang lebih terang di banding dengan ikan tuna dan ekor nya tidak bersisik.

Ikan Cangkalang (Katsuwonus Pelamis)

Ikan Tuna (Thunnini)






Kalian dapat melihat sendiri perbedaan dari ikan di samping ini, mulai dari sirip yang terlihat jelas sekali ikan tuna lebih panjang di banding ikan cangkalang, tentu saja warna pun berbeda ikan cangkalang lebih gelap dan berkilap sedangkan ikan tuna mempunyai warna yang kuning, banyak perbedaan dari gambar di samping tetapi mereka ini satu keluarga.











Harga ikan cakalang ini lebih murah di banding ikan tongkol tetapi jangan menilai dari situ aja, banyak manfaat yang kita peroleh setelah makan ikan ini contohnya :
omg 3 ikan cakalang
  • Meningkatkan Kecerdasan Otak
  • Meningkatkan Daya Ingat Otak
  • Menjaga Kulit Tetap Awet Muda (Mencegah Penuaan Dini)
  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
  • Membantu Proses Pemulihan Kolesterol Tinggi
  • Membantu Proses Pemulihan Reumatik
  • Membantu Proses Pemulihan Pembuluh Darah Terjepit
  • Mencegah Penyakit Diabetes
  • Mencegah Penyakit Alzheimer
  • Mencegah Kanker Darah




Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung dalam daging ikan cakalang ini. di paragraf sebelumnya saya menceritakan bahwa ikan ini bisa di budi daya kan, penulis akan memberikan informasi tentang cara budi daya ikan ini :



PEMBENTUKAN KOLAM IKAN




Budi daya ini harus di daerah laut, untuk tempatnya sendiri kolam ikan cakalang ini biasanya berbentuk kolam apung atau keramba. Setelah kita membuat kolam apung atau keramba pasang jaring yang kuat guna menampung ikan cakalang tersebut, dan lakukan pengecekan rutin untuk melihat kondisi jaring tersebut guna meminimalisir ikan kabur atau ikan terkena penyakit.



Kolam Apung berada di laut


BENIH



Ikan cakalang ini bisa di budi dayakan dengan cara pembesaran, dilakukan pembesaran berguna untuk meningkatkan kadar lemak yang ada di ikan cakalang yang berfungsi untuk menambah lezat daging ikan ini.



PAKAN IKAN


Untuk pakan ikan cakalang cukup serius karena membutuhkan 60% dana oprasional yang di keluar kan. Ikan cakalang ini sebaiknya di berikan makan ikan sarden atau ikan teri karena kandungan lemak kedua jenis ikan ini lebih tinggi di banding ikan lain. Kenapa penulis menganjurkan ikan sarden dan teri? Karena kedua ikan tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan cakalang.



Ikan Sarden (Sardinella Aurita)

Ikan Teri (Stolephorus indicus)


PANEN

Untuk pemanenan sendiri ikan ini harus mengambil langsung dari keranda atau jaring yang udah di atur sebelumnya. Selanjutnya apabila anda mau memasukan bibit baru ke kolam apung jangan langsung di gabung karena akan mengakibatkan banyak kematian pada ikan baru tersebut.



Panen Ikan


Untuk wilayah ikan cakalang ini banyak di temukan dilaut tropis dan sub tropis, ikan ini perenang yang sangat cepat dan bersama-sama (bergrombol), dan banyak sekali hiu mengincar grombolan ini untuk makan mereka.


peta letak ikan cakalang

0 comments:

Post a Comment