Monday, March 12, 2018

ANGLERFISH

ANGLERFISH
(Lophiiformes)


Sore kali ini penulis akan membuat artikel tentang ikan Anglerfish (Lophiiformes) siapa yang tidak mengenal ikan satu ini, ikan yang pernah masuk di dalam kartun finding nemo begitu populer. Banyak orang mengatakan ikan ini sangat mengerikan dan agresif dalam membunuh mangsanya, akan tetapi bukan hanya itu saja masih banyak hal yang mengerikan mengenai ikan Anglerfish (Lophiiformes), langsung saja menyimak artikel ini.

Anglerfish (Lophiiformes)

Ikan Anglerfish (Lophiiformes) merupakan salah satu ikan karnifora yang hidup di laut dalam, ikan ini mempunyai mulut yang sangat besar dan gigi yang tajam selain itu Anglerfish (Lophiiformes) memiliki antena yang digunakan untuk menangkap mangsanya di laut dalam yang sangat gelap dan antena tersebut bisa mengeluarkan cahaya.  Ternyata ikan ini bukan hanya di laut dalam saja, kadang mereka ke permukaan untuk memangsa burung laut yang sedang mencari makan.


Anglerfish (Lophiiformes) memiliki mulut yang besar

Anglerfish (Lophiiformes) mempunyai antena yang berfungsi untuk mengelabui mangsa

Ikan ini memiliki panjang yang bervariasi mulai dari 20 cm sampai lebih dari 1 m dengan mempunyai berat hingga 45 kg.  Kenapa ikan ini bisa hidup di laut dalam? karena mereka memiliki dinding sel berlapis dua dan mesosom . Sebuah pori menghubungkan esca dengan air laut, yang memungkinkan pengangkatan bakteri mati dan limbah seluler, dan memungkinkan pH dan tonisitas media kultur tetap konstan. Selain itu mereka mempunyai beberapa familly yaitu :


(A) Centrophryne spinulosa
(B) Cryptopsaras couesii
(C) Himantolophus appelii 
(D) Diceratias trilobus
(E) Bufoceratias wedli
(F) Bufoceratias shaoi 
(G) Melanocetus eustalus
(H) Lasiognathus amphirhamphus
(I) Thaumatichthys binghami
(J) Chaenophryne quasiramifera

Dalam proses kawin sendiri ikan ini bisa di katakan tidak wajar karena pertemuan antara lelaki dan perempuan juga jarang terjadi. Ketika para ilmuwan pertama kali mulai menangkap angsafish ceratioid, mereka melihat bahwa semua spesimen itu adalah perempuan. Individu-individu ini berukuran beberapa sentimeter dan hampir semuanya memiliki parasit yang melekat pada mereka. Ternyata "parasit" ini sangat mengurangi kemampuan pria untuk bereproduksi. Hal ini menunjukkan bahwa sistem kawin ikan ini dengan cara polijana. Polijana sendiri ialah dimana perempuan memiliki 2 lelaki bahkan lebih.

Anglerfish (Lophiiformes) perempuan

Kelenjar cahaya pada ikan ini selalu terbuka untuk eksterior, mungkin saja ikan tersebut mengakuisisi bakteri dari air laut. Namun, tampak bahwa masing-masing spesies menggunakan bakteri tertentu, dan bakteri ini tidak pernah ditemukan dilaut. Ikan Anglerfish sendiri mampu membesarkan rahang dan perutnya, karena tulangnya tipis dan fleksibel, sehingga bisa membuka mulut mereka dengan ukuran yang sangat besar, memungkinkannya untuk menelan mangsa hingga dua kali lebih besar dari tubuhnya.

Anglerfish (Lophiiformes) antena berfungsi untuk berburu mangsanya

Sekian artikel tentang ikan Anglerfish (Lophiiformes) semoga bisa bermanfaat bagi kalian, Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment