Monday, March 19, 2018

ANGLEFISH

ANGLEFISH
(Pterophyllum)


Malam hari ini penulis akan mendeskripsikan tentang ikan cantik satu ini yang bernama Anglefish (Pterophyllum), sesuai dengan namanya ikan ini memiliki tubuh yang indah bagaikan malaikat. Banyak sekali penggemar ikan hias yang memburu ikan ini hingga jutaan rupiah hanya untuk mengoleksi. Untuk itu penulis akan memberi kalian info menarik dari ikan Anglefish (Pterophyllum).

Anglefish (Pterophyllum)

Ikan Anglefish (Pterophyllum) merupakan jenis ikan yang hidup di Cekungan Amazon, Cekungan Orinoko dan di sungai Amerika Selatan, Selain mempunyai tubuh yang indah bentuk tersebut berguna untuk melindungi diri dari predator, seperti contoh Anglefish (Pterophyllum) akan bersembunyi di akar dan tanaman, dengan bentuk tubuh yang vertikal dan mempunya sirip memanjang di tubuhnya ikan ini bisa bersembunyi diantara akar dan tanaman.

Anglefish (Pterophyllum)

Untuk perawatan sendiri ikan ini sangat mudah dengan memperhatikan kehangatan air dan pHnya sebab ikan ini sangat menyukai jenis air yang hangat, kebersihan akuarium juga perlu di perhatikan, apabila air akuarium sudah kotor dan ada ikan yang mati sebaiknya di bersihkan. Ikan ini juga cukup tenang saat di akuarium tetapi jika kalian ingin menaruh ikan hias lebih kecil sebaiknya jangan menaruh bersamaan sebab ikan ini memangsa ikan kecil.

Anglefish (Pterophyllum) di aquascape

Anglefish (Pterophyllum) di aquascape

Anglefish (Pterophyllum) di aquascape

Ikan Anglefish (Pterophyllum) memiliki berbagai spesies 3 diantaranya yaitu Pterophyllum , terutama P. scalare dan P. leopoldi. Untuk penelitian sendiri sudah banyak di kembangan tentang ikan ini tetapi penulis akan menjelaskan tentang hasil penelitian  Dr. Joanne Norton, yang menerbitkan 18 artikel di Majalah Freshwater and Marine Aquarium.




  • Angelfish Perak: Angelfish perak paling menyerupai bentuk angelfish liar, dan juga disebut sebagai "tipe liar". Ikan jenis ini memiliki tubuh perak dengan mata merah, dan tiga garis hitam vertikal yang bisa memudar atau gelap tergantung pada mood ikan.
Angelfish Perak

  • Angelfish Emas: Sifat genetik angelfish emas bersifat resesif, dan menyebabkan tubuh emas terang dengan warna kuning atau oranye gelap pada mahkota ikan. Tidak memiliki garis hitam vertikal atau mata merah yang terlihat di angelfish liar(Anglefish Perak).

Angelfish Emas

  • Angelfish Zebra: Fenotipe zebra menghasilkan empat sampai enam garis vertikal pada ikan yang dengan cara lain menyerupai angelfish perak.

Angelfish Zebra

  • Angelfish Renda hitam atau Angelfish Renda zebra: Sebuah perak atau zebra dengan satu salinan gen gelap menghasilkan ikatan yang sangat menarik di sirip, yang dianggap oleh beberapa orang paling menarik dari ikan angelfish.

Angelfish Renda hitam

  • Angelfish Smokey: Beragam dengan paruh belakang abu-abu gelap kecoklatan dan sirip punggung dan sirip yang gelap.

Angelfish Smokey

  • Angelfish Cokelat: Homozigot untuk smokey dengan lebih banyak pola gelap, terkadang hanya kepala yang berwarna perak.

Angelfish Chocolate

  • Angelfish Halfblack: ikan dengan mempunyai warna Perak dengan bagian belakang hitam, halfblack bisa di ekspresikan bersama beberapa gen warna lain, tapi tidak semuanya. 

Angelfish Halfblack

  • Angelfish Sunset memerah: ikan jenis ini memiliki Muka memerah matahari dan  memiliki dua gen emas dan dua gen tanpa strip. Bagian atas ikan menunjukkan jeruk pada spesimen terbaik. Tubuhnya berwarna putih, dan siripnya jelas. Jumlah jeruk pada ikan bisa bervariasi. Pada beberapa, tubuh berwarna merah muda atau warna keprok. Istilah memerah berasal dari lempeng bening bening yang ditemukan pada remaja, dengan insang merah muda di bawahnya.

Angelfish Sunset memerah

  • Angelfish Koi: Koi memiliki gen ganda atau tunggal dari marmer emas dengan gen ganda yang tidak bernyawa. Ekspresi oranye mereka bervariasi dengan tingkat stres.

Angelfish Koi

  • Angelfish Leopard: Macan tutul adalah ikan yang sangat populer saat muda, memiliki bintik-bintik di sebagian besar tubuh mereka. Sebagian besar bintik-bintik ini tumbuh lebih dekat bersama sebagai orang dewasa, jadi mereka terlihat seperti cokelat dengan titik-titik.

Angelfish Leopard

  • Angelfish Blue blushing: Angelfish tipe liar ini memiliki dua gen tanpa strip. Tubuh sebenarnya berwarna abu-abu dengan warna kebiru-biruan di bawah spektrum cahaya yang tepat. Pigmen warna-warni berkembang seiring bertambahnya usia. Warna iridescence ini biasanya tampak biru di bawah pencahayaan paling banyak.

Angelfish Blue blushing

  • Angelfish Marmer emas perak: Sebuah malaikat perak dengan gen marmer emas tunggal, ini adalah ekspresi co-dominant.

Angelfish Marmer emas perak

  • Angelfish Hantu: Pada ikan ini kebanyakan perak hanya dengan garis melalui mata dan ekor. Terkadang, bagian dari garis-garis tubuh akan mengungkapkan.

Angelfish Hantu

  • Angelfish Marmer emas.

Angelfish Marmer emas

  • Angelfish Marmer: Marmer diekspresikan dengan pola yang jauh lebih hitam dari pada marmer emas.

Angelfish Marmer

  • Angelfish Hibrida hitam: Salib hitam dengan emas, hasilnya adalah hibrida hitam, warna hitam yang sangat kuat yang mungkin terlihat kasar saat muda. Salib ini tidak berkembang biak dengan benar.Pearlscale (p / p): Pearlscale adalah mutasi skala, juga disebut angelfish "berlian" di beberapa daerah karena iridiscence seperti permata pada sisiknya. Sisiknya memiliki tampilan kusut bergelombang yang memantulkan cahaya untuk menciptakan efek berkilau. Mutiara berkembang perlahan, dimulai sekitar usia sekitar 9 minggu.

Angelfish Hibrida hitam

  • Angelfish Hantu hitam: Mirip dengan hantu, ia memiliki tampilan yang lebih gelap karena gennya yang gelap, dan sangat mirip dengan renda hitam tanpa garis-garis yang lengkap. Angelfish Hantu umumnya memiliki lebih banyak iridescence.

Angelfish Hantu hitam

  • Angelfish Albino: Albino menghilangkan pigmen gelap pada kebanyakan varietas. Beberapa, seperti marmer albino masih memiliki sedikit hitam tersisa pada persentase ikan. Murid mata berwarna pink seperti pada semua hewan albino. Irisan di sekitarnya bisa berwarna merah atau kuning.

Angelfish Albino

Sekian dari artikel malam hari ini semoga bermanfaat bagi kalian, Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment