Monday, April 2, 2018

IKAN HIU MEGAMOUTH

IKAN HIU MEGAMOUTH
(Megachasma pelagios)


Sore ini penulis akan mendeskripsikan tentang Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios), dimana hiu ini memiliki mulut yang sangat lebar di banding ikan hiu normal lainnya. Penulis sendiri juga baru mengetahui jenis hiu ini, Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios) termasuk jenis hiu yang sangat jarang di temukan lagi di alam liar atau terancam punah. Untuk itu penulis akan mendeskripsikan tentang Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios).

Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios)

Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios) merupan jenis hiu terkecil dari ketiga jenis hiu paus dan hiu basking. Seperti dua hiuplanktivorous lainnya yaitu yang sebelumnya di sebutkan oleh penulis , ikan ini berenang dengan mulut besar terbuka lebar, menyaring air untuk plankton dan ubur - ubur sebagai makanannya.

Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios)

Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios)

Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios) sendiri adalah hiu besar yang dapat tumbuh hingga panjang 5,2 meter. Perlu kalian tahu ukuran betina lebih besar dibanding hiu pejantan yaitu betina dengan panjang 5 meter dan pejantan dengan panjang 4 meter. Ikan ini ternyata memiliki gigi yaitu 50 baris gigi di rahang atas dan 75 baris pada rahang bawah.

Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios)


Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios) pertama ditangkap pada 15 November 1976 sekitar 25 mil di lepas pantai Kāne ` ohe, Hawaiʻi , cara reproduksi ikan hiu ini yaitu dengan cara ovoviviparous yang berarti bahwa hiu muda berkembang dalam telur yang tetap berada di dalam tubuh ibu sampai menetas. Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios) pada siang hari akan berenang pada kedalaman sekitar 120–160 meter, tetapi saat matahari terbenam, ikan ini akan naik dan menghabiskan malam di kedalaman antara 12 dan 25 meter. Perkembangan hiu ini juga sangat lambat maka dari itu hiu ini termasuk dalam hiu yang sangat terancam punah.




Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios)

Lokasi Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios)

Sekian artikel tentang Ikan Hiu Megamouth(Megachasma pelagios) mohon maaf apabila banyak kekurangan dari artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya, Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment